SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tingkat Keakuratan Analisis Teknikal Dengan Indikator Relative Strength Index dan Stochastic Oscillator Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pada Perusahaan Properti dan Finance Yang Listed di Bursa Efek Indonesia 2016-2017

Eko Hendri Nur Setiawan

Abstrak


RINGKASAN

 

Analisis teknikal merupakan studi tentang informasi internal pasar saham untuk meramalkan harga saham dan memberikan rekomendasi mengenai saat yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku saham-saham yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia khususnya sektor properti dan finance dan memprediksi harga saham pada bulan Agustus 2016- Juli 2017 dengan menggunakan analisis teknikal serta mengetahui keputusan investasi yang harus diambil terhadap prediksi harga di masa yang akan datang menggunakan indikator teknikal RSI (Relative Strength Index) dan SO (Stochastic Oscillator). Perilaku harga saham digambarkan dalam angka-angka yang dihitung menggunakan rumus pengukuran variabel RSI dan SO.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 perusahaan yang diambil dari sektor properti dan finance yang terdaftar di BEI selama 2016-2017, kriteria pengambilan sampel sebagai berikut: (1) perusahaan properti dan finance yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2017, (2) perusahaan properti dan finance yang aktif melakukan perdagangan saham atau bukan merupakan saham tidur, dan (3) perusahaan yang terdaftar di BEI lebih dari 1 tahun. Data yang digunakan adalah data saham high (tertinggi), low (terendah), dan close (penutupan) harian untuk mengetahui harga terendah, harga tertinggi, harga penutupan, rata-rata peningkatan, dan rata-rata penurunan pada pergerakan harga saham.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator teknikal Stochastic Oscillator lebih akurat dibandingkan dengan indikator teknikal Relative Strength Index dalam pengambilan keputusan investasi saham pada perusahaan properti dan finance. Investor dianjurkan untuk membeli saham yang sudah berada pada area oversold dan menjual saham apabila sudah berada pada area overbought. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, disarankan untuk menggunakan indikator teknikal lainnya dalam menganalisis perilaku harga saham serta sampel yang diteliti menggunakan saham aktif dan sensitif terhadap kondisi makro baik ekonomi maupun politik.