SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Fenomenologi efektivitas dan efisiensi pembelajaranuntukmatapelajaranAkuntansiDenganSistem Full Day School pada SMK Muhammadiyah 2 Malang

Aprilia Nur Rahmawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Rahmawati, April, Nur. 2018. Studi Fenomenologi efektivitas dan efisiensipembelajaran untuk mata pelajaran Akuntansi Dengan Sistem Full DaySchool pada SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, JurusanAkuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Full Day School, Efektivitas, Efisiensi, Akuntansi

Sistem pendidikan Full Day School sebagai suatu bentuk sistempendidikan terbaru di Indonesia yang diinisiasi oleh bapak menteri pendidikan dankebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dengan menjalankan 5 hariefektif belajar selama 8 jam per hari dan jam tambahan yang diisi oleh kegiatanekstrakurikuler menjadikan sekolah yang menerapkan sistem ini harus berupayamenciptakan kondisi belajar yang efektif dan efisien agar kegiatan belajarmengajar bisa berjalan dengan baik. Salah satu sekolah yang menerapkan sistemtersebut di kota Malang adalah SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenispenelitian fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi timmanajemen sekolah, guru mata pelajaran Akuntansi dan siswa jurusan Akuntansidalam melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan sistem Full DaySchool di mata pelajaran Akuntansi dengan mengumpulkan data melaluiobservasi, dokumentasi, dan wawancara kepada subyek penelitian. Dalampenelitian ini, triangulasi sumber data, data teori, dan metodologi diterabkan untukmengecek keabsahan data.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum sistem Full Day Schooldiberlakukan, SMK Muhammadiyah 2 Malang telah menjalankan sistempendidikan serupa dengan sistem Full Day School sehingga kurangmempengaruhi terhadap kegiatan belajar mengajar disekolah. Secara umumseluruh tim manajemen sekolah, guru mata pelajaran Akuntansi dan siswa jurusanAkuntansi telah menjalankan pembelajaran secara efektif dan efisien denganmenjalankan tugas, pokok, dan fungsi sesuai bidang masing – masing yangberkaitan dengan efektivitas dan efisiensi pembelajaran mata pelajaran Akuntansi.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi siswa seperti selalu masuk5 besar pada setiap perlombaan yang diikuti dibidang Akuntasi dan alokasi danayang digunakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Diberlakukannya sistempendidikan Full Day School juga membantu siswa jurusan Akuntansi dalammendalami materi Akuntansi dikarenakan adanya jam tambahan berupa kelasolimpiade setelah jam efektif pembelajaran.

 

SUMMARY

 

Rahmawati, April, Nur. 2018. Study of Phenomenology of the Effectiveness andEfficiency of Teaching of the Subject of Accounting with the System ofFull Day School on Vocational High School of Mohammadiyah 2 ofMalang City. Sarjana’s Thesis. Departement of Economic Development,Faculty of Economic, Universitas Negeri Malang.Advisor: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd.

 

Key Words : Full Day School, Effectiveness, Efficiency, Accounting

The Full Day School education system as one of the newest educationsystems in Indonesia that was initiated by the minister of education and culture ofrepublic of Indonesia, Muhadjir Effendy. The system done by applying 5 effectiveday of education for 8 hours per day and extra time containing the extracurricularactivity, which making the school to apply the system in attempt to create aneffective and efficient learning atmosphere so that the activity of teaching andlearning may go well. One of the schools applying this system in Malang City isthe Vocational High School of Muhammadiyah 2 of Malang City.

This research using the qualitative design with the type of research ofphenomenology, which aimed to find out the contribution of the managementteam of the school, the accounting teachers and the students of Accounting majorinside the teaching that is effective and efficient by using the Full Day School. Inthe subjects of Accounting, the research done by collecting data throughobservation, documentation, and interview to the subjects of research. In thisresearch, the methods used for validating is the triangulation between the datasource, theories and methodology.

The result of the research indicated that before the Full Day SchoolSystem was applied, Vocational High School of Muhammadiyah 2 Malang hasapplied the similar education system so that there is no significant difference uponthe teaching and learning process in the school. Generally, the entire team ofmanagement of the school, the accounting teachers and the students of

Accounting major has done the effective and efficient teaching by fulfilling theduties and main responsibility according to their job description effectively andefficiently in Accounting subjects of Accounting. This is proven by the presenceof improvement of achievement of the students such as always get a spot on thetop 5 in any Accounting Competition they were participating. The implementationof Full Day School education system in Accounting major also help them instudying deeper upon the materials of Accounting thanks to the presence of extratime in the form of Olympiad Club of Accounting after the effective learninghours.