SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Pokok Bahasan Piutang

Syefira Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhani, Syefira. 2018. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Pokok Bahasan Piutang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Buku Saku Digital, Media Pembelajaran, Akuntansi Keuangan

Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Negeri 1 Malang sudah memadai. Siswa kecenderungan suka membuka smartphone dibandingkan membaca buku  paket yang tebal dan berat. Sekitar 90% siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Malang juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran, masih menggunakan media powerpoint dengan menampilkan teks dan gambar yang sangat sederhana, sehingga siswa sering merasa bosan dengan tampilan media tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan media pembelajaran buku saku digital yang dapat dioperasikan pada smartphone android untuk mata pelajaran akuntansi keuangan pada pokok bahasan piutang.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahap yang dilakukan adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas XI Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran buku saku digital berbasis android berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 65 dengan persentase 81,25%, sehingga termasuk kategori “Cukup Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 79 dengan persentase 98,75%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian uji pengguna terbatas kepada 32  peserta didik mendapat total skor 2248 dengan persentase 87,81% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”.

Dapat disimpulkan media pembelajaran buku saku digital berbasis android ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi  keuangan. Media pembelajaran buku saku digital berbasis android ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi keuangan. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah media pembelajaran perlu di upgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal dan produk buku saku digital agar dapat diunggah melalui playstore/appstore. Selain itu produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smartphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran.