SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan

ulfatul hasanah

Abstrak


RINGKASAN

 

Hasanah, Ulfatul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Program S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd., MSA

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Aktvitas Siswa, Hasil Belajar

Kegiatan belajar dan pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berfokus pada siswa. hal ini memiliki tujuan untuk membuat siswa dapat berfikir secara kritis yang sangat dibutuhkan pada zaman dimana perkembangan tekhnologi dan pengetahuan berkembang begitu pesat. Pada siswa SMK model pembelajaran yang berfokus pada siswa sangat dibutuhkan untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemuinya dan menyiapkan siswa menghadapi dunia kerja. Model pembelajaran kooperatif sangat cocok dengan permasalah tersebut dengan tipe model yang digunakan yaitu Group Investigation. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation merupakan model pembelajaran yang menekankan pada kerjasama dan interaksi antar individu. Proses pembelajaran yang dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bagi peserta didik. Aktivitas peserta didik adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik meliputi bertanya, menjawab, atau mengemukakan pendapat dan lain sebagainya serta hasil belajar adalah kemampuan kognitif peserta didik dalam menguasai suatu materi setelah proses kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Tekhnik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan analisa data meliputi data tindakan penelitian, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Subjek untuk penelitian ini adalah kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Pasuruan dimana kelas tersebut berjumlah 35 siswa.

Penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa yang dimulai pada siklus I hingga siklus II. Hasil analisis data terhadap aktivitas siswa pada siklus I mencapai 56,81%, dan sebanyak 63% siswa berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 78. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas siswa menjadi 79,55% dengan 77% siswa berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 80.

Berdasarkan peneilitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Invetigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal in disebabkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih menekankan pada diskusi dalam kelas.