SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN Program Studi S1 Pendidikan Bisnis FE-UM

Diana Daniati

Abstrak


ABSTRAK

 

Daniati, D. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN Program Studi S1 Pendidikan Bisnis FE-UM. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Hari, M.Si.

 

 

Kata Kunci: media pembelajaran, kemandirian belajar, prestasi belajar

 

 

Mahasiswa dalam kegiatan belajar tidak semua dapat menerima materi dengan mudah, penggunaan media pembelajaran dianggap dapat membantu mahasiswa yang kesulitan dalam belajar mengajar sehingga meningkat­kan pemahaman mahasiswa. Pendidikan Bisnis merupakan salah satu program studi yang selalu menghasilkan lulusan dengan nilai yang memuaskan. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Salah satu faktor yang menjadi penyebab meningkatnya prestasi mahasiswa adalah penggunaan media pembelajaran dan kemandirian belajar mahasiswa khususnya pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dapat dilakukan melalui optimalisasi media pembelajaran dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kondisi media pembelajaran, kemandirian belajar dan prestasi belajar, (2) Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar, (3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, (4) Pengaruh dominan media pembelajaran, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015/2016 Program Studi Pendidikan Bisnis berjumlah 83 mahasiswa, dengan jumlah sampel 69 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Kuesioner dan (2) Dokumentasi. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linear berganda, dilakukan uji asumsi klasik: (1) Uji normalitas, (2) Uji multikolinearitas, (3) Uji heteroskedastisitas, yang digunakan sebagai prasyarat.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran termasuk dalam kategori baik, (2) Kemandirian belajar termasuk dalam kategori baik, (3) Prestasi belajar termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN, (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN, (3) Variabel kemandirian belajar merupakan variabel dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN sebesar 6,77%.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: (1) Hasil uji analisis deskriptif menunjukkan media pembelajaran dalam kategori baik, kemandirian belajar dalam kategori baik, prestasi belajar dalam kategori sangat baik, (2) Perhitungan uji t diketahui media pembelajaran tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN, (3) Variabel kemandirian belajar merupakan variabel dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar TTN. Peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) Bagi dosen pengampu mata kuliah, hendaknya memperhatikan bagaimana mahasiswa memahami materi yang diberikan dan dapat me­nyesuaikan dengan kriteria mahasiswa sehingga mahasiswa dapat lebih aktif dan mengalami peningkatan dalam belajar, (2) Bagi mahasiswa, diharapkan agar lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih memanfaatkan media-media serta fasilitas yang sudah disediakan sebagai wahana dan sarana dalam meningkatkan kemandirian serta prestasi belajar mahasiswa, (3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara.