SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi

Anita Rahayu

Abstrak


RINGKASAN

 

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan. Media pembelajaran komik merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam  pembelajaran. Komik merupakan media yang menyampaikan cerita dengan visualisasi atau ilustrasi gambar, dengan kata lain komik adalah cerita bergambar, dimana gambar berfungsi untuk pendeskripsian cerita agar si pembaca mudah memahami cerita yang disampaikan, sehingga siswa dapat membangun pengetahuan mereka sendiri untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMK. Produk tersebut diuji cobakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang sesudah melalui tahap-tahap validasi sehingga media tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall (2003). Tahapan-tahapan penelitian antara lain studi lapangan, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk ke 1, Uji coba terbatas, revisi produk ke 2, uji coba produk, revisi produk, produk akhir. Validasi media dilakukan oleh tiga subjek ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan pengguna.

Hasil validasi materi menunjukkan rata-rata sebesar76,6% dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil validasi ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 96,25% dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata sebesar 87,02%dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil rata-rata  keseluruhan validasi menunjukkan rata-rata sebesar 86,62%, sehingga media tersebut dapat dikatakan layak dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media komik juga terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut didukung dengan hasil uji paired sample t test dengan tingkat signifikansi 5%. Saran lebih lanjut untuk penelitian ini adalah dengan membuat komik berisi materi yang lain dan menggunakan aplikasi pembuat komik yang lain.