SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI (Studi Fenomenologi pada SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa, dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

Eka Sari Tiarawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Tiarawati, Eka Sari. 2018. Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Revisi pada Pembelajaran Akuntansi (Studi Fenomenologi pada SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa, dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kurikulum 2013 Revisi, Pembelajaran Akuntansi

Peran kurikulum yang sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan di Indonesia mengharuskan dilakukannya pengembangan terhadap kurikulum yang sudah ada. Pada tahun 2017 kembali dilakukan penyempurnaan terhadap Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membangun generasi emas 2045. Guru sebagai faktor penentu keberhasilan kurikulum harus memahami dan menerapkan kompetensi yang harus dimiliki dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pemahaman guru tentang kompetensi yang harus dimiliki dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi pada pembelajaran Akuntansi (2) penerapan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi pada pembelajaran Akuntansi (3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi pada pembelajaran Akuntansi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dilakukan di tiga sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 Revisi dengan karakteristik berbeda baik dari segi fasilitas maupun kualitas tenaga pendidik antara lain: SMK Negeri 1 Turen, SMK Cendika Bangsa, dan SMK Muhammaiyah 5. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan mengumpulkan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akuntansi dan wakakurikulum di tiga sekolah tersebut.

Hasil penelitian menggambarkan guru memahami bahwa dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi, guru harus memiliki dan menerapkan kompetensi yang dibutuhkan. Guru menerapkan kompetensi pedagogik dengan menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang relevan dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran untuk mengintegrasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran. Penguasaan karakteristik peserta didik diterapkan dalam meningkatkan keaktifan siswa dan mengatasi perilaku siswa dengan berbagai upaya. Guru melakukan komunikasi empatik sebagai penerapan kompetensi sosial. Sikap yang ditunjukkan oleh guru merupakan contoh bagi siswa dalam rangka Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui keteladanan. Penerapan kompetensi profesional menunjukkan bahwa materi yang disajikan oleh guru di dalam RPP sesuai dengan KD mata pelajaran yang diampu dan disajikan secara lengkap sesuai dengan indikator yang akan dicapai.