SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemaknaan Perubahan Puskesmas Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Peran Akuntansi di BLUD

Novitasari Ayuningtyas

Abstrak


RINGKASAN

 

Ayuningtyas, Novita. 2018. Pemaknaan Perubahan Puskesmas Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Peran Akuntansi di BLUD. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: perubahan organisasi, Teori Institusional, BLUD, peran akuntansi.

Perubahan status puskesmas menjadi BLUD merupakan bagian dari program kerja Bupati Malang guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tiap–tiap puskesmas. Dari 39 (tiga puluh sembilan) puskesmas di Kabupaten Malang yang layak diberi predikat puskesmas BLUD hanya 10 (sepuluh) puskesmas saja, dimana salah satunya adalah Puskesmas Sumberpucung. Puskesmas Sumberpucung dengan menyandang predikat BLUD Bertahap dituntut supaya mengimplementasikan PPK–BLUD, sehingga mampu mendorong pada perubahan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemaknaan aktor atas perubahan puskesmas menjadi BLUD dalam perspektif Teori Institusional dan peran akuntansi dalam perubahan puskesmas menjadi BLUD.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan paradigma interpretif dengan tujuan untuk mendalami pemaknaan aktor atas perubahan puskesmas menjadi BLUD dalam perspektif Teori Institusional dan peran akuntansi dalam perubahan puskesmas menjadi BLUD. Pengumpulan Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis Data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan aktor atas perubahan puskesmas menjadi BLUD dalam perspektif Teori Institusional dari dimensi Coercive Isomorphism adalah adanya dominasi Regulasi dan Program 100 Hari Kerja Pemerintah Kabupaten Malang, dari dimensi Mimetic Isomorphism adalah bergaya ala swasta, serta dari dimensi Normative Isomorphism tampak dari adanya peran aktor–aktor profesional di luar organisasi dalam hal pengadopsian konsep tertentu berkaitan dengan PPK–BLUD. Sedangkan, pemaknaan aktor atas peran akuntansi dalam perubahan puskesmas menjadi BLUD dari perspektif Akuntansi Manajemen adalah mengenal Rencana Strategis Bisnis Lima Tahunan dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Tahunan, dari perspektif Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah mengenal pengendalian internal atas persediaan obat–obatan, serta dari perspektif Akuntansi Keuangan adalah hanya sekadar menjalankan SIMDA tanpa memahami SAP dan Akuntansi Akrual.