SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK PGRI 06 Malang

dyah puji rahayu

Abstrak


RINGKASAN

 

Rahayu, Dyah Puji. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK PGRI 06 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H Cipto W, S.E., M.Pd., M.Si.,Ak, CA.

 

Kata Kunci:Discovery Learning, Lesson Study, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Kurikulum 2013 menerapkan model pembelajaran yang berbasis saintifik approach.Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan, dalam kegiatan pembelajaran cenderung selalu menggunakan metode ceramah. Siswa hanya melihat, mendengarkan, dan mencatat penjelasan dari guru. Akibatnya siswa mudah bosan dan juga siswa menjadi kurang termotivasi, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru serta hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan masalah tersebut model pembelajaran yang terdapat didalam kurikulum 2013 yang sesuai dan diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar siswa adalah Discovery Learning yang berbasis Lesson Study. Pembelajaran dengan model  Discovery Learning mendorong siswa untuk menemukan pegetahuan untuk dirinya sendiri. Lesson Studydigunakan untuk mengetahui kekurangan guru ketika mengajar dan menemukan pemecahan masalahnya bersama observer sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif  kualitatif karena menunjukkan karakteristik pemaknaan yang terjadi didalam proses pembelajaran baik yang terkait dengan kondisi awal pembelajaran maupun yang terjadi setelah diterapkan tindakan. Jenis penelitianyang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), karena dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis reflektif terhadap tindakan yang dilakukan oleh pendidik, mulai dari perencanaan sampai dengan penilaian terhadap tindakan nyata didalam kelas yang berupa kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran didalam kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis lesson study dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar. Motivasi belajar siswa meningkat, hal ini terbukti pada saat sebelum penerapan motivasi belajar siswa adalah sebesar 88% dan pada saat setelah penerapan adalah sebesar 91% maka dapat dikatakan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3%. Minat belajar siswa meningkat, hal ini terbukti pada saat sebelum penerapan model minat belajar siswa adalah sebesar 82% dan pada saat setelah penerapan model sebesar 85%, maka dapat dikatakan minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3%.Hasil belajar siswa pada siklus I melalui tes evaluasi menunjukkan bahwa  nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 67,53 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 33%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 81,8 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% yang berarti ketuntasan belajar siswa dalam kategori tinggi.