SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2016)

Novita Hariyanti.

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hariyanti, Novita. 2018. Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (StudiPada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:           Dr. NurikaRestuningdiah, S.E.,M.Si.,Ak, CA

Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan.

Peran dan tanggungjawab perusahaandalam lingkungan sosial masyarakat akan berpengaruh terhadap citra perusahaan. Citra perusahaan yang baik akan menjaga stabilitas dan keberlangsungan hidup perusahaan yang selanjutnya akan mempengaruhi persepsi investor sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan yang dicerminkan dengan peningkatan harga saham di pasar modal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh variabel kinerja lingkungan dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2014-2016. Teknik sampling yang digunakanadalah  purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah 17 perusahaan. Dengan menggunakan metode pooled data maka total sampel dalam 3 tahun adalah 51 sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan tahunan, Indeks CSR dengan menggunakan metode Global Reporting Initiative G4, Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung (1) kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk penelitian selanjutnya menambah variabel penelitiansehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi peningkatan dan penurunan nilai perusahaan.