SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT Pos Indonesia (Persero) Malang

anggun dwie angraini

Abstrak


RINGKASAN

 

Anggraini, Anggun Dwie. 2017. Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard Pada PT. Pos Indoensia (Persero) Malang.Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, C.A, C.MA  (II) Sriyani Mentari. S.Pd, M.M

 

KataKunci: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Perspektif

Pengukuran kinerja yang hanya menekan aspek keuangan perusahaan dinilai kurang memadai untuk mengahadapi persaingan saat ini. Maka perusahaan memerlukan suatu metode yang dapat menyelaraskan antara aspek keuangan dengan aspek non keuangan, yaitu metode balanced scorecard yang diharapkan lebih efektif apabila diterapkan untuk menilai kinerja perusahaan dan dapat membantu perusahaan dalam mengukur dan menilai seberapa jauh langkah perusahaan dalam mewujudkan visi, misi dan tujuannya.

Balanced scorecard diciptakan untuk mengatasi problem tentang kelemahan sistem pengukuran kinerja eksekutif yang hanya berfokus pada aspek keuangan. Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja yang dikatakan modern memiliki beberapa aspek keunggulan. Balanced Scorecard  mencangkup perspektif  yang luas, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan.

Hasil dari analisis menunjukkan perpsektif keuangan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang sudah baik dalam pelaksanaan kinerja meskipun mengalami penurun laba , namun hal ini tidak memepengaruh kinerja PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Perspektif pelanggan sangat baik dalam menjaga mutu dan kinerja. Perspektif bisnis internal mengalami perubahan yang baik dimana setiap tahunnya kesalahan karyawan mengalami penurunan. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berkembang dengan baik dapat dilihat dari produktivitas para karyawan yang terus naik.