SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING KLUB SEPAK BOLA EROPA YANG GO PUBLIC PERIODE 2012-2017

noria dina rahayu

Abstrak


Saat ini strategi bisnis telah berubah dari ekonomi berbasis industrial kearah berbasis pelayanan dan pengetahuan. Istilah modal intelektual mencakup pengetahuan karyawan, organisasi dan kemampuan mereka dalam menciptakan value added dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Modal intelektual yang dimanfaatkan dengan maksimal akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan berupa laba. Pada klubsepak bola, modal intelektual yang dimiliki oleh setiap pemainnya jika dikelola dengan maksimal akan mendatangkan laba baik dari penjualan tiket pertandingan maupun kegiatan komersial lain yang mampu meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modal intelektual diukur menggunakan salah satu metode monetary yaitu Value Added Itellectual Coefficients (VAIC), variable interveningnya adalah profitabilitas yang diukur dengan return on asset (ROA), sedangkan variable dependennya adalah nilai perusahaan yang diproksikan dengan harga pasar saham klub sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 5 klub sepak bola. Sampel penelitian ini adalah klub sepak bola yang telah go public dengan periode penelitian tahun 2012-2017, sehingga jika dijumlahkan total sampelnya adalah 30. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website masing-masing klub sepak bola. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modal intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) modal intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas; (3) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (4) modal intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diajukan adalah (1) Diharapkan klub sepak bola dapat meningkatkan nilai dari ROA dengan lebih bijak memanfaatkan asset maupun meningkatkan perolehan laba sehingga kinerja keuangan klub lebih baik lagi; (2) Penelitian selanjutnya dapat menggunakan objek penelitian klub sepak bola Eropa yang tidak go public untuk diuji kinerja keuangannya; (3) Penelitian selanjutnya dapat menggunakan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi laba klub sepak bola seperti NPM yang merupakan perbandingan antara laba bersih dengan penjualan bersih; (4) Penelitian selanjutnya juga dapat menggunakan klub sepak bola yang ada di Indonesia sebagai objek penelitian berkaitan dengan kinerja pemain saat dilapangan dengan perolehan laba.