SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah dan Profesionalisme Guru Program Keahlian Akuntansi Kelompok Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK YP 17 Pare Kabupaten Kediri

dewi agustina

Abstrak


ABSTRAK

Agustina, Dewi. 2009. "Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah dan Profesionalisme Guru Program Keahlian Akuntansi Kelompok Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK YP 17 Pare Kabupaten Kediri". Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo, M. Si., Ak. (2) Dra. Trilaksiani, S. E, M. M. 

Kata kunci: fasilitas sekolah, profesionalisme guru, prestasi belajar

Fasilitas sekolah dan profesionalisme guru merupakan salah satu diantara beberapa faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Fasilitas sekolah yang baik serta profesionalisme guru yang tinggi tentu akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini adalah penelitian sampel, dimana jumlah sampelnya adalah siswa-siswi kelas XI program keahlian akuntansi di SMK YP 17 Pare yaitu berjumlah 36 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif korelasional dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh antara variabel bebas fasilitas sekolah (X1) dan Profesionalisme Guru (X2) dengan variabel terikat Prestasi Belajar Siswa (Y) dengan memproses lebih lanjut yang diperoleh dari penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner (angket) kepada responden, dengan kuesioner jawaban tertutup berskala lima model Likert. Teknik tersebut didukung dengan dokumentasi guna melengkapi data yang tidak terakomodasi oleh instrumen kuesioner.

Indikator yang dijadikan ukuran untuk variabel X1 yaitu gedung sekolah, ruang kelas, media pembelajaran, laboratorium akuntansi dan perpustakaan. Indikator untuk variabel X2 yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. 

Hasil analisis data menunjukkan bahwa fasilitas sekolah, profesionalisme guru, dan prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi sudah pada tingkat kondisi yang baik. Fasilitas sekolah dan profesionalisme guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 32,3% dan sisanya sebesar 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Uji hipotesis dengan Fhitung sebesar 9,363 dengan signifikan F 0,001, ini menunjukkan bahwa nilai signifikan F lebih kecil dari 0,05 (0,001