SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Komparatif Pengaruh Pendapatan Daerah Terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur

Clamirdika Cristinaktiva

Abstrak


ABSTRAK

Cristinaktiva, Clamirdika. 2018. Analisis  Komparatif Pengaruh Pendapatan Daerah terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd.,M.Sc

 

Kata Kunci: PAD, DAU, DAK, Belanja Modal

Belanja modal merupakan salah satu belanja daerah untuk perolehan aset tetap dan aset lainnya yang bersifat jangka panjang dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Belanja modal wajib dilakukan oleh suatu daerah karena belanja modal ini berfungsi untuk menambah sarana dan prasarana serta infrastruktur daerah. Cara untuk mendapatkan belanja modal adalah dengan membeli melalui proses lelang atau tender dengan menggunakan penerimaan-penerimaan daerah seperti PAD, DAU, dan DAK.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Belanja Modal serta perbedaan PAD, DAU, dan DAK pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota periode 2014-2016. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, yaitu uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS. Teknik analisis yang dilakukan selanjutnya adalah menggunakan uji independent samples T test. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Modal, Dana Alokasi Umum (DAU) tidak berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal, Dana Alokasi Khusus (DAK) berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Modal, tidak terdapat perbedaan PAD antara pemerintah kabupaten dan kota, terdapat perbedaan DAU antara pemerintah kabupaten dan kota, dan terdapat perbedaan DAK antara pemerintah kabupaten dan kota.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memilih daerah penelitian lain, menambah periode penelitian, serta melakukan konfirmasi langsung pada instansi daerah yang bersangkutan agar hasil penelitian yang didapatkan lebih tepat, akurat, dan representatif.