SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang

Adelita Novianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Novianti, Adelita. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P

 

Kata Kunci:Kesulitan Belajar,Faktor Internal, Faktor Eksternal,Scaffolding

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana siswa mengalami gangguan dalam belajar. Gangguan tersebut disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini ditujukan kepada siswa X dan siswa Y di SMK PGRI 2 Malang. Peneliti menemukan prestasi akademik yang menurun dari kedua siswa tersebut ketika kegiatan belajar dan mengajar di kelas berlangsung maupun di lingkungan sekolah. Berkaitan dengan itu, maka peneliti melakukan analisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa X dan siswa Y.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa X dan siswa Y yang merupakan siswa kelas XI Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data dengan narasumber Wali kelas, guru BK, guru Akuntansi Keuangan, guru Pengantar Akuntansi, guru Akuntansi Perusahaan Dagang, teman sejawat siswa X dan siswa Y, orang tua siswa X dan siswa Y. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan: (1) Reduksi data, (2) Penyajian Data, (3)Penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut,penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa X meliputi faktor internal yaitu bakat,minat, motivasi, dan kebiasan belajar. Faktor eksternal penyebab kesulitan siswa X meliputi masalah keluarga, teman bergaul, dan cara mengajar guru. Sedangkan siswa Y mengalami kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal meliputi minat, motivasi, dan kebiasaan belajar. Faktor eksternal yang menyebabkan siswa Y mengalami kesulitan belajar yaitu cara didik orang tua, teman bergaul, cara mengajar guru dan hubungan guru dengan siswa. Upaya yang dilakukan siswa yaitu dengan cara bertanya kepada teman sejawat atau orang yang lebih tahu. Upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memberi motivasi kepada siswa X dan siswa Y untuk mengembangkan kemampuannya di bidang akuntansi. Upayayang dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan strategi pembelajaran yang menarik dan lebih memperhatikan kondisi siswa sehingga siswa bisa belajar dengan  nyaman tanpa mendapat tekanan dari manapun, serta penerapan scaffolding dalam kegiatan belajar dan mengajar.Penerapan tersebut berupa bantuan awal yang dilakukan oleh orang yang lebih tahu dan semakin lama melatih siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya, perlu melakukan wawancara dengan teman sejawat yang dekat dengan informan kunci untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam.