SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Fear of Failure, Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Riska Nurul Syifa

Abstrak


ABSTRAK

 

Syifa, RiskaNurul. 2018. Pengaruh Fear of Failure, Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. CiptoWardoyo, M.Pd.,M.Si., Ak, CA.

 

Kata Kunci: fear of failure, motivasi berprestasi, dukungan sosial orang tua, prokrastinasi akademik

Prokrastinasi akademik adalah kegiatan menunda-nunda tugas baik itu jangka pendek atau jangka panjang dalam ranah akademik yang dilakukan secara sadar dan terus-menerus dengan melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan kegiatan akademik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik diantaranya adalah takut akan kegagalan, motivasi berprestasi dan dukungan sosial orang tua. Mahasiswa yang cenderung memiliki takut  akan kegagalan yang tinggi dan motivasi beprestasi serta dukungan sosial orang tua yang rendah akan cenderung memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fear of failure, motivasi berprestasi dan dukungan sosial orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan metode kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 214 mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Pendidikan Akuntansi, jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Sampel yang diambil menggunakan teknik proportional sampling dan diperoleh sebesar 140 mahasiswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi komputer SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) fear of failure berpengaruh positif signifikan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, (2) motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, (3) dukungan sosial orang tua tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

 

Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu penelitian ini hanya menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, sehingga hasil penelitian sangat bergantung pada persepsi responden. Oleh karena itu, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan pendekatan kualitatif untuk dapat mengungkapkan faktor-faktor lain yang mempengsaruhi prokrastinasi akademik.