SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Audit Report Lag pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi)

Oktavianti Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Audit report lag merupakan periode waktu antara akhir tahun fiskal perusahaan dan tanggal laporan audit. Apabila Audit report lag melebihi batas waktu yang telah ditetapkan Bapepam-LK maka akan berdampak buruk bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kompleksitas operasi perusahaan, komite audit, opini auditor, dan ukuran Kantor Akuntan Publik terhadap audit report lag secara parsial.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI selama 2013-2015, yaitu 39 perusahaan. Sampel diperoleh dari metode purposive sampling sebanyak 33 perusahaan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan, profitabiltas perusahaan, kompleksitas operasi perusahaan, komite audit, opini auditor, dan ukuran Kantor Akuntan Publik tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Keterbatasan penelitian ini dalah (1) perhitungan audit report lag hanya didasarkan pada tanggal tutup buku perusahaan, yaitu 31 Desember, sebaiknya tidak didasarkan pada 31 Desember karena tanggal penyelesaian laporan keuangan setiap perusahaan tidak selalu sama jadi perlu ditelusuri langsung pada situs perusahaan atau berita, (2) hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada keterbatasan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen. Peneliti sebaiknya menganalisis perbandingan antar penelitian terdahulu.