SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Menilik Akuntabilitas Pengelolaan Dana LAZISMU (Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah) di Kota Malang

Irsa dwi ratna sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Irsa. 2018. Menilik Akuntabilitas Pengelolaan Dana LAZISMU (Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah) di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Puji Handayati, S.E.,M.M.,Ak., CA,CMA,CIBA.

 

Kata Kunci: Akuntabilitas, Pengelolaan Dana, Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah.

Manusia memiliki kewajiban individual dalam kedudukannya baik sebagai ciptaan Tuhan maupun sebagai warga Negara. Sebagai ciptaan Tuhan manusia harus memenuhi kewajiban keagamaan sesuai dengan agama yang dianutnya, salah stau kewajiban bagi umat islam yaitu membayar zakat. LAZISMU (lembaga amil zakat infaq shodaqoh muhammadiyah) merupakan lembaga yang menampung dan menaungi dana zakat, infaq dan shodaqoh yang akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu

Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatatif, dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pengelolaan dana zakat, infaq, dan shodaqoh Muhammadiyah di Kota Malang. Data yang diperoleh dari wawancara langsung kepada pihak informan yang ada di LAZISMU dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur.

 

Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas dalam pengelolaan dana yang dilakukan oleh LAZISMU belum menerapkan konsep amanah, dan belum bisa dikatakan transparansi dikarenakan akuntabilitas pelaporan dana yang dilakukan belum adanya laporan keuangan yang diberikan kepada muzakki dan belum adanya laporan keuangan yang dipublis. Dengan demikian LAZISMU belum bisa memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada masyarakat dan muzakki.