SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri malang

Ni Made Resmita Andyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Andhyani, Ni Made Resmita. 2018. Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

 

Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Prestasi Akademik

Program studi kependidikan yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang memiliki misi untuk mencetak calon-calon guru yang berkualitas, professional, dan berkompeten.Namun, pada kenyataannya tidak semua lulusan program studi kependidikan memilih guru sebagai profesinya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan cita-cita bersama tersebut dan semakin banyak lagi alumni program studi kependidikan memilih guru sebagai profesinya, maka perlu untuk memperhatikan dasar utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu adanya minat untuk menjadi guru yang dapat meningkatkan kualitas dari mahasiswa yang tercermin dalam prestasi yang diperoleh. Kemudian peran serta dari lingkungan keluarga perlu untuk diperhatikan karena lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi akademik, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dna prestasi akademik mahasiswa (2) Mengetahui pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa, dan (3) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014/2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 145 mahasiswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 107 mahasiswa.Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel minat menjadi guru tergolong tinggi; (2) variabel lingkungan keluarga tergolong sedang; (3) variabel prestasi akademik cukup tinggi; (4) variabel minat menjadi guru menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik; (5) variabel lingkungan keluarga menunjukkan  terdapat pengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik.

Kesimpulan penelitian ini yakni terdapat pengaruh positif signifikan variabel minat menjadi guru terhadap prestasi akademik dan tidak terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi fakultas ekonomi, diharapkan dapat menciptakan program-program terbaru untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa; (2) bagi mahasiswa, diharapkan dapat mempertahankan minat menjadi guru yang dimiliki dan terus menambah wawasan mengenai profesi guru; (3) bagi orang tua, diharapkan mampu membuat relasi yang baik dengan mahasiswa dan diharapkan dapat meningkatkan peran serta terhadap pendidikan dan peningkatan prestasi mahasiswa; (4) bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk memperhatikan variabel lain yang berpengaruh dan menggunakan analisis yang lain.

 

ABSTRACT

 

Andhyani, Ni Made Resmita. 2018. The Influence of Interests to Be Teachers and Family Environment against Academic Achievement of Accounting Education Studies Program Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Undergraduate thesis.Accounting Education Studies Program, Accounting Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Supervisor: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

 

Keywords: Interest Being a Teacher, Family Environment, Academic Achievement

Educational study programs owned by the State University of Malang have a mission to produce qualified, professional, and competent teachers. However, in reality not all graduates of educational programs choose teachers as their profession. Therefore, to realize that goals together and more aluminises  who choose teachers as a profession so that, it needs to consider the main basis owned by the students that is the interest to be a teacher that can improve the quality of students reflected in achievements gained. Then the role of the family environment needs to be considered because the family environment is one of the external factors that can affect the academic achievement, the purposes of this study are (1) Knowing the description of interest to be teachers, family environment, and students’ achievement (2) knowing the influence of interests to be teachers towards the students’ academic achievement, and (3) to know the influence of family environment on students’ academic achievement.

This research uses inferential quantitative descriptive research design by using multiple linear regression analysis. Population in this research is student of study program of Education of Accountant Force 2014/2015 Faculty of Economics State University of Malang consisting of 145 students with sample that used are 107 students. Sampling using proportional random sampling technique. Data collection techniques used questionnaires and documentation.

The results in this study indicate (1) the interest variable to become a teacher is high; (2) the family environment variable is moderate; (3) the level of academic achievement is quite high; (4) the variable of interest to be a teacher shows there is a significant positive effect on academic achievement; (5) family environment variables showed there is no significant positive effect on academic achievement.

This research concluded that there is a positive influence of significant variables of interest to be teachers on academic achievement and there is no significant positive influence of family environment on academic achievement of students of Accounting Education Studies Program Faculty of Economics, State University of Malang. Based on this research, the researcher suggests: (1) for the faculty of economics, it is expected to create the latest programs to cultivate and increase the interest to be a teacher to the students; (2) for students, expected to maintain an interest in becoming an owned teacher and continue to add insight into the teaching profession; (3) for parents, expected to make good relation with student and expected to increase participation to education and improvement of student achievement; (4) for the next researcher, it is advisable to pay attention to other influential variables and use other analyzes.