SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Nilam Enggarsasi Setyoningrum

Abstrak


              

ABSTRAK

Setyoningrum, Nilam Enggarsasi. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Karakteristik Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, M.Pd., M.Si., Ak, CA.

Kata Kunci:persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar, karakteristik siswa, prestasi belajar siswa

                Keberhasilan siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor eksternal persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan faktor internal yaitu karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru, dimana terdapat empat keterampilan yang sering terlibat dan cenderung kurang maksimal, yaitu (1) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi dan Perbankan Syariah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen serta seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 121 siswa, dengan proportional random sampling diperoleh sampel 93 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert untuk mengukur persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan karakteristik siswa, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar mata pelajaran akuntansi dasar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 21.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 40,11% dengan tingkat sig. sebesar 0,000< 0,05, (2) karakteristik siswa berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 9,37% dengan tingkat sig. sebesar 0,021< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan dasar mengajar guru menurut persepsi siswa dan karakteristik siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa.