SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Septia Widareni

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiap perusahaan memiliki tujuan dalam membangun perusahaannya untuk semakin berkembang. Salah satu tujuannya adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, karena dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham. Dalam memaksimalkan nilai perusahaan akan muncul konflik kepentingan antara manajer dan pemegang saham (pemilik perusahaan) yang sering disebut masalah keagenan. Adanya kepemilikan manajemen akan menimbulkan suatu pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh manajemen perusahaan. Adanya pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012 – 2016 sebesar 65 perusahaan per tahun.Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 13 per tahun. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan α< 0,05.

Hasil penelitian dengan regresi linier berganda menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode Uji Interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan sehingga tidak mampu meningkatkan nilai perusahaan.

 

Kata kunci:Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan, CSR.