SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Anggi Priambodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Priambodo , Anggi. 2017. PengaruhCorporate Social Responsibility (CSR) terhadapkinerjakeuangan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. NurikaRestuningdiah, S.E., M.Si., Ak CA

 

Kata kunci: Corporate Sosial Responsibility (CSR), Return On Asset (ROA), Return On Equity(ROE).

Perkembangan dunia bisnis saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat serta persaingan yang begitu ketat. Saat perusahaan semakin berkembang, maka tingkat kesenjangan sosial dan kerusakan lingkungan pun semakin tinggi karena adanya aktivitas perusahaan yang tidak terkendali terhadap berbagai sumberdaya untuk meningkatkan laba perusahaan. Adanya pelanggaran serta dampak yang ditimbulkan pada masyarakat danlingkungan membuat perusahaan berkewajiban melaksanakan program tanggung jawab social atau Corporate Sosial Responsibility(CSR).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Sosial Responsibility(CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan padaReturn On Asset (ROA) dan Return On Equity(ROE). Penelitian ini termotivasi sari banyak nya perbedaan pada hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2013-2015, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling menurut kriteria. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini sebanyak 69 perusahaan.

 

Hasil menunjukkan bahwa Corporate Sosial Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) namun berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE).