SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Risiko Pembiayaan, Risiko Likuiditas dan Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas Bank Syariah Periode 2012-2016

Shabrina .

Abstrak


ABSTRAK

 

Shabrina. 2018. Pengaruh Risko Pembiayaan, Risiko Likuiditas dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Periode 2012-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak.

 

Kata kunci: Risiko Pembiayaan, Risiko Likuiditas, Dana Pihak Ketiga, Profitabilitas

Bank syariah merupakan perusahaan yang beroperasi dengan berlandaskan pada prinsip syariah. Prinsip-prinsip syariah tersebut diterapkan dalam kegiatan usahanya untuk menghasilkan laba dan meningkatkan profitabilitas bank syariah. Dana Pihak Ketiga (DPK) merupakan sumber dana bank syariah terbesar yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan operasionalnya. Namun dalam menjalankan kegiatan usahanya bank syariah tentu berhadapan dengan risiko-risiko yang dapat menurunkan profitabilitas. Beberapa risiko yang mungkin dihadapi oleh bak syariah adalah risiko pembiayaan dan risiko likuiditas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang dianggap dapat mempengaruhi profitabilitas bank syariah secara negatif maupun positif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia sebanyak 11 bank syariah. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 6 bank syariah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh risiko pembiayaan (X1), risiko likuiditas (X2) dan DPK (X3) terhadap profitabilitas (Y). Analisis data ini menggunakan bantuan software SPSS 20.0 dengan taraf signifikansi 10%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) risiko pembiayaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, (2) risiko likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabiltas, dan (3) DPK berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabiltas. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat mengembangkan berbagai macam risiko-risiko ataupun variabel lainnya yang diduga memiliki perngaruh terhadap profitabilitas bank syariah.