SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) Dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Di SMK Islam Batu

Iva Irana Tika

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran menggunakan SQ4R merupakan metode pembelajaran yang memiliki enam langkah kegiatan utama yaitu survey, question, read, reflect, recite dan review dimana masing-masing langkah saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Survey berarti siswa meninjau bacaan, Question berarti siswa bertanya, Read berarti siswa membaca bacaan, Reflect berarti siswa memberikan contoh, Recite berarti siswa mengkomunikasikan jawaban yang ditemukan dan Review berarti meninjau kembali materi secara singkat. Dalam metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) siswa dilatih untuk mengkonstruk sebuah konsep dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.Sedangkan untuk metode Mind Mapping, metode Mind Mapping sudah sering digunakan oleh guru di sekolah ini khususnya pada pelajaran akuntansi dasar, dalam metode ini siswa dapat menuangkan ide-ide mereka disebuah kertas. Dari uraian di atas dapat dilihat bahwa kedua metode, yakni metode SQ4R dan metode Mind Mapping merupakan metode yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar antara metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) dan metode pembelajaran Mind Mapping.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan populasi meliputi seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Islam Batu yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak menurut kelas. Sampel terbagi dua kelas yaitu kelas satu eksperimen (X AK 3) dengan menerapkan metode SQ4R dan satu kelas kontrol (X AK 2) dengan menerapkan metode Mind Mapping. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan lembar observasi.Teknik analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode kolomogorov smirnov dan uji homogenitas dengan metode levene serta uji hipotesis dengan Uji Independent Sample T-test.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran menggunakan metode SQ4R lebih meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan metode Mind Mapping dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya metode SQ4R, yakni 60,83 menjadi 81,59 (2) hasil uji hipotesis dengan signifikansi 0.01 < alpha sebesar 0.05 berarti H0 ditolak yang berarti “Hasil belajar siswa kelas X  Program Keahlian Akuntansi menggunakan metode pembelajaran SQ4R lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan yakni guru dapat bersikap inovatif dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa dan materi pelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat lebih menarik dan berhasil mencapai tujuan pembelajarannya.