SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar SMK di Kabupaten Malang

Fitri Febrianti Sumara

Abstrak


ABSTRAK

 

Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan belajar selama periode tertentu. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan kemandirian belajar. Siswa yang memiliki persepsi positif akan cenderung memiliki prestasi yang baik pula.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian eksplanatif.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X SMKN Kosgoro 1 Lawang, SMK Ma’rif NU 4 Pakis, SMKN 1 Pujon, SMKS Cendika Bangsa dan SMKS Kepanjen. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 169 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada dua, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMK di Kabupaten Malang mempunyai persepsi yang baik tentang keterampilan dasar mengajar guru ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 147,52. Kemandirian belajar memiliki kualifikasi yang cukup baik ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 67,82. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar mempunyai kualifikasi yang cukup baik pula ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 80,70. Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar berpengaruh positif signifikan sebesar 22,44%. Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar berpengaruh positif signifikan sebesar 16,18%. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan, menambah teknik pengumpulan data agar diperoleh informasi yang lebih lengkap.