SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Organisasi Keagamaan (Studi Fenomenologi pada Yayasan Masjid Al-hikmah Universitas Negeri Malang)”

Ana Wulandari

Abstrak


Wulandari, Ana. 2017. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Organisasi Peribadatan (Studi Kasus pada Yayasan Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang) . Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Yuli Widi Astuti, S.E,. M.Si, Ak.

 

Kata Kunci : PSAK No.109, Nirlaba, Laporan Keuangan

 

 Akuntabilitas dalam laporan keuangan sangat diperlukan. Akuntabilitas diperlukan agar pengguna laporan keuangan dapat mengerti kondisi dari perusahaan dan dapat menilai kinerja dari suatu perusahaan. Layaknya perusahaan, organisasi nirlaba pun memerlukan akuntabilitas dalam laporan keuangan. Untuk mendukung akuntabilitas laporan keuangan organisasi nirlaba Ikatan Akuntan Indonesia telah membuat PSAK Nomor 109 tentang organisasi nirlaba, khususnya organisasi peribadatan yang menghimpun dana sumbangan dari jamaah.

Penelitian ini dilakukan pada Yayasan Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang yang merupakan salah satu entitas nirlaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana akuntabilitas laporan keuangan Yayasan Masjid Al-Hikmah. Indikator akuntabilitas dalam penelitian ini adalah efektivitas pengelolaan keuangan dengan pelaksanaan program dan kegiatan yayasan, pertanggungjawaban atas kinerja pengurus yayasan, dan kepatuhan terhadap standar akuntansi yang berlaku.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Yayasan Masjid Al-Hikmah belum menyusun laporan keuangan sesuai PSAK Nomor 109. Laporan keuangan berupa laporan penerimaan dan pengeluaran yang disusun berdasarkan Musyawarah Pengurus Yayasan Masjid Al-Hikmah. Yayasan Masjid Al-Hikmah mempunyai masalah keterbatasan sumber daya manusia dalam menyusun laporan keuangan. Walaupun belum patuh terhadap standar keuangan yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia, namun laporan keuangan telah mengakomodasi keingintahuan jamaah dan donatur. Konsep amanah adalah konsep yang mendasari pembuatan laporan keuangan Yayasan Masjid Al-Hikmah.