SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebijakan Dividen, Kepemilikan Instusional, dan Arus Kas Bebas Terhadap Kebijakan Hutang (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Kompas 100 Tahun 2013-2015)

Mentari Eka Ismiyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismiyati. Eka. Mentari. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, dan Arus Kas Bebas terhadap Kebijakan Hutang (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Kompas 100 tahun 2013-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si, Ak. CA

 

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Arus Kas Bebas, dan Kebijakan Hutang

Kegiatan bisnis yang berkembang begitu pesat memaksa suatu perusahaan berada dalam kondisi yang penuh dengan persaingan. Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan untuk mampu meningkatkan keuntungan maupun nilai perusahaan. Struktur modal atau keputusan pendanaan akan berpengaruh pada kinerja perusahaan. Sumber dana terdiri dari pendanaan dalam (internal) dan luar (eksternal). Dalam pemilihan sumber dana yang akan digunakan, perusahaan pada umumnya lebih memilih menggunakan hutang dibandingkan dengan penerbitan saham. Dalam penelitian ini kebijakan hutang diukur dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk ke dalam Indeks Kompas 100 pada tahun 2013-2015 sebesar 67 perusahaan per tahun. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah purposive sampling dan menghasilkan sampel sebesar 26 perusahaan per tahun.Penelitian ini menggunakan regresi berganda secara parsial dan simultan dengan tingkat signifikan α < 0,05

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang Sedangkan kepemilikan institusional dan arus kas bebas memiliki pengaruh negative terhadap kebijakan hutang. Keterbatasan dari penelitian ini adalah tidak semua data keuangan perusahaan dipublish di laporan keuangan perusahaan. Saran dari penelitian ini adalah bagi perusahaan, diharapkan agar selalu memberikan informasi keuangan yang benar dan dapat diuji keabsahannya.