SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Inisiatif Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri

Nia Mar'atus Solekah

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Solekah, Nia Mar’atus. 2018. Pengaruh Inisiatif Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi, Jurusan akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, SE., M.Si, Ak.

 

Kata kunci: Inisiatif Belajar, Presepsi Model PBL (Problem Based Learning) dan Hasil Belajar.

Pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses membangun generasi muda yang kreatif, luwes dan aktif. Melalui pembelajaran aktif, dapat mengkodisikan agar peserta didik memiliki pengalaman belajar yang bermakna dan senantiasa berpikir tentang apa yang dilakukan selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh inisiatif belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dan (2) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 187 siswa. pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 112 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan skala likert untuk mengukur inisiatif belajar dan persepsi siswa tentang model PBL, sedangkan dokomentasi untuk mengambil data hasil belajar mata pelajaran Aktiva Tetap. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) inisiatif belajar siswa berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari uji t sebesar thitung 2,108  ttabel 1,659 dengan signifikansi 0,037 0,05. (2) persepsi siswa model PBL (Problem Based Learning) berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari uji t sebesar thitung 2,309  ttabel 1,659 dengan signifikansi 0,023 0,05. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi inisiatif belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar siswa, dan semakin tinggi persepsi siswa tentang model PBL (Problem Based Learning), maka semakin tinggi hasil belajar untuk mata pelajaran Aktiva Tetap pada kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri.