SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI AGENCY COST (Studi pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Riska Puji Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Riska Puji. 2018. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan melalui Agency Cost. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: kebijakan dividen, nilai perusahaan, agency cost.

Dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan dapat dicapai melalui kebijakan manajemen keuangan, salah satunya yaitu kebijakan dividen. Penelitian mengenai pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pernah dilakukan oleh beberapa peneliti terdahulu, namun masih terdapat hasil yang inkonsisten. Berdasarkan inkonsistensi hasil penelitian tersebut, peneliti menduga adanya variabel lain sebagai mediator di antara kebijakan dividen dan nilai perusahaan. Menurut argumen agency theory dari segi kebijakan dividen menyimpulkan bahwa kebijakan dividen diprediksi berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui agency cost.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah agency cost memediasi pengaruh kebijakan dividen terhdadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan unit analisis tahun sehingga diperoleh 102 sampel. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Sobel dan prosedur Baron & Kenny.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa agency cost tidak memediasi pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Hal ini disebabkan oleh agency cost yang tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, walaupun kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap agency cost. Nilai perusahaan diduga lebih ditentukan oleh profitabilitas perusahaan. Hasil ini tidak sesuai dengan hasil argumen teori keagenan. Dengan demikian pengaruh tidak langsung kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan melalui agency cost masih perlu diuji lebih lanjut. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah objek penelitian hanya pada indeks LQ45, periode penelitian hanya selama tiga tahun, dan menggunakan satu proksi untuk agency cost. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dengan memperpanjang rentang waktu, memperluas jumlah sampel penelitian, menggunakan proksi lain untuk variabel agency cost, serta menggunakan variabel dependen lain.

 

ABSTRACT

 

Kurniawati, Riska Puji. 2018. The Effect of Dividend Policy on Firm Value through Agency Cost. Sarjana’s Thesis, Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Keyword: dividend policy, firm value, agency cost.

In an effort to increase firm value can be achieved through financial management policy, one of them is dividend policy. Research on the effect of dividend policy on firm value has been done by some previous researchers, but there are still inconsistent result. Based on the inconsistency of the research result, the researchers suspect that there are other variables as mediator between dividend policy and firm value. According to agency theory argument in terms of dividend policy concluded that dividend policy is predicted to affect firm value through agency cost.

The purpose of this research is to test whether agency cost mediates the effect of dividend policy on firm value. This research uses quantitative method of explanation type. The population used in this study is a LQ45 company listed in Indonesian Stock Exchange in 2013-2015. Selection of sample using purposive sampling technique with year observation analysis unit so that obtained 102 sample. The type of data used is secondary data in the form of company financial statements. The technique of data analysis used is path analysis, while hypothesis testing using Sobel test and Baron & Kenny procedure.

 

The results show that agency cost does not mediate the effect of dividend policy on firm value. This is due to the agency cost which has no significant effect on firm value, although dividend policy has significant effect to agency cost. Firm value is allegedly more determined by the profitability of the company. This result does not match with the result of the agency theory argument. Thus the indirect effect of dividend policy on firm value through agency cost still needs to be tested further. The limitations of this research are the object of research only on index LQ45, the research period is only for three years, and use one proxy for agency cost. Based on the research result, it is suggested to the further researcher to conduct further research by extending the time range, expand the number of research samples, using other proxies for agency cost variable, and using other dependent variable.