SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dimensi Segitiga Kecurangan Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi

Latipah Kurnia Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Latipah Kurnia. 2018. Pengaruh Dimensi Segitiga Kecurangan Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi,Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E, M.A, M.M, Ak

 

Kata Kunci: Dimensi Segitiga Kecurangan (Tekanan, Kesempatan, dan Rasionalisasi) Self Efficacy, Perilaku Kecurangan Akademik

Perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berdasarkan teori segitiga kecurangan, perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh adanya tekanan akademik, kesempatan melakukan kecurangan akademik, dan rasionalisasi melakukan kecurangan akademik. Selain itu self efficacy yang berasal dari teori Kognitif Sosial Bandura juga berperan dalam terjadinya perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (2) pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (3) pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (4) pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy (5) pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy (6) pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar yang berjumlah 370 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 193 siswa yang diambil menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS for Windows versi 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tekanan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (2) kesempatan melakukan kecurangan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (3) rasionalisasi melakukan kecurangan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (4) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (5) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (6) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang dapat mengurangi terjadinya perilaku kecurangan akademik.