SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intellectual Capital terhadap Return On AssetPerusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016

GRANISTA CINDY PRAMITANIKA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramitanika, GranistaCindy. 2018. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Return On AssetPerusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Achadiyah, S.Pd, M.Sc.

 

Kata Kunci: Intellectual Capital, Return On Asset, Value Added Intellectual Coefficient (VAIC)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap return on asset yang diukur menggunakan Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang bersumber dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2016 sebanyak 142 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 67 perusahaan dengan periode 2 tahun, sehingga jumlah sampelnya menjadi 134. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berturut-turut pada periode 2015-2016 (2) Perusahaan tidak mengalami kerugian selama periode pengamatan, yaitu pada tahun 2015-2016. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif terhadap return on asset perusahaan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi intellectual capital yang dimiliki perusahaan akan meningkatkan return on asset yang akan dicapai. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat mempertimbangkan metode Balance Scorecard yang mengukur intellectual capital dari sisi finansial maupun non-finansial, sehingga hasil yang diperoleh dapat menggambarkan pengaruh intellectual capital terhadap return on asset baik dari sisi finansial maupun non-finansial agar perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menggunakan perusahaan jasa atau perusahaan kreatif dan inovatif yang lebih mengedepankan adanya inovasi baru yang kreatif terhadap produk maupun jasanya.