SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD DAN AKTIVITAS SOSIAL (Studi Kasus Pada PT. Sawitmas Nugraha Perdana)

Sayyid Abiy Yudihana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yudihana, Sayyid Abiy. 2018. Model Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial pada PT. Sawitmas Nugraha Perdana. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Aktivitas Sosial.

Pesatnya persaingan bisnis yang dialami oleh PT. Sawitmas Nugraha Perdana saat ini, akan mendorong dan memberikan tantangan kepada perusahaan untuk lebih meningkatkan dan mengukur kinerjanya. Pengukuran tersebut bertujuan untuk membantu perusahaan menentukan rencana strategik dan pengambilan keputusan dimasa yang akan datang sebagai penentu keberhasilan perusahaan. Pengukuran kinerja tradisional sudah dianggap tidak sesuai dengan kondisi saat ini karena hanya fokus pada perspektif keuangan. Balance Scorecard merurpakan salah satu jenis pengukuran kinerja yang terdiri dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan petumbuhan, serta akan lebih lengkap lagi jika dilihat dari Aktifitas Sosial Perusahaan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis serta memahami bagaimana kinerja PT. Sawitmas Nugraha Perdana jika diterapkan dengan berbasis Balanced Scorecard serta Aktivitas Sosial Perusahaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini juga menggunakan data primer dan data skunder. Pengumpulan data dilkukan dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan melakukan pengumpulan dokumen-dokumen perusahaan, reduksi data, display data, dan kesimpulan.

Tolak ukur yang digunakan berbasis Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial yaitu (1) Perspektif Keuangan : pertumbuhan penjulan, laba, ROA, ROE; (2) Perspektif Costumer : retensi pelanggan, akuisisi pelanggan baru, dan kepuasan pelanggan; (3) Perspektif Proses Bisnis Internal : proses inovasi, proses operasi, pelayanan purna jual; (4) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan : kompetensi karyawan, infrastruktur teknologi informasi, motivasi; (5) Perspektif Aktivitas Sosial : program-program sosial yang akan menghasilkan Aktivitas Sosial perusahaan kepada masyarakat yang bersifat mensejahterakan masyarakat.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja berbasis Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial, bahwa secara keseluruhan, PT. Sawitmas Nugraha Perdana memiliki kinerja yang baik. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pada perspektif Costumer dengan indikator akuisisi pelanggan baru dan perspektif Bisnis Internal dengan indikator inovasi. Untuk akuisisi pelanggan baru perusahaan dikatakan belum mampu dalam memperoleh pelanggan barunya, dikarenakan perusahaan telah melakukan kontrak kerja dengan pelanggan lama. Dan untuk inovasi perusahaan masih terbatas.

Dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga periode data keuangan yang diteliti karena adanya ketrbatasan penelitian. Selain itu jumlah informan yang diwanwancarai hanya sesuai dengan kebutuhan penelitian dan terdapat keterbatasan informan pada prespektif pembelajaran dan pertumbuhan pada indikator kompetensi karyawan dan infrastruktur teknologi informasi.