SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan LQ45 yang Listing di BEI Periode 2013 - 2016

SANTIKA ROSITA HARJANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Harjanti, Santika Rosita. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2016. Skripsi Program Studi S1 AkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang.PembimbingProf. Dr. BambangSugeng, S.E, M.A, M.M, A.k

 

Kata Kunci: Profitabilitas, KebijakanDividen, Nilai Perusahaan,

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilaiperusahaan (Keown, at, el., 2010:199).Nilai perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dari perusahaan merupakan salah satu acuan bagi investor untuk menilai kinerja perusahaan yang dapatdilihatdarirasiokeuanganperusahaan.Berdasarkan model valuasi,profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan berdasarkan clientele effect theory,kebijakan dividen juga memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variable moderasi.Penelitian ini merupakan penelitia kuantitatif eksplanasi.Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan indeks LQ45 periode 2013 – 2016 dengan menggunakan metode pemilihan purposive sampling.Metode analisis pada penelitian ini adalahModerated Regression Analysis (MRA).

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menemukan hasil bahwa (1) Profitabilitas yang diukur melalui rasio ROE memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

 

Saran bagi perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dilihat oleh calon investor untuk menilai suatu perusahaan. Bagi investor, sebaiknya dalam mengambil keputusan investasinya perlu memperhatikan profitabilitas perusahaan. Sedangkan bagi peneliti,memperluas sampel perusahaan dan memperpanjang periode pengamatan agar data lebih akurat.