SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jenis Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan

RIZKY TRISANTI

Abstrak


Trisanti, Rizky. 2018. Pengaruh Jenis Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E.,M.A.,M.M.,Ak.

 

Kata Kunci: jenis kebijakan dividen, nilai perusahaan

 

Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk terus berkembang dan tumbuh, hal tersebut tercermin pada nilai perusahaan. Faktor utama yang menentukan besar kecilnya nilai perusahaan yaitu prospek dan potensi kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan, yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Dimana faktor eksternal mencakup faktor-faktor makro yang berasal dari luar perusahaan, dan faktor internal mencakup faktor-faktor yang berasal dari dalam perusahaan, salah satunya yaitu kebijakan-kebijakan manajemen perusahaan yang meliputi kebijakan manajemen keuangan. Dalam manajemen keuangan terdapat tiga jenis kebijakan keuangan utama yang bersifat fundamental, salah satunya yaitu kebijakan dividen.Dalam penelitian ini jenis kebijakan dividen yang digunakan adalah kebijakan stabil dan residual. Menurut bird in the hand theory, kebijakan dividen stabil akan direspon positif oleh investor. Di samping itu menurut teori signaling theory, insider menggunakan dividen sebagai alat untuk memberikan sinyal kepada investor mengenai prospek perusahaan kedepannya, sehingga kebijakan dividen stabil juga akan direspon positif oleh investor. Dari kedua teori tersebut, maka nilai perusahaan yang menggunakan kebijakan dividen stabil lebih tinggi dari nilai perusahaan yang menggunakan kebijakan dividen residual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.Penelitian ini tergolong kedalam penelitian eksplanatif causal hypothesis. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015. Untuk memperoleh sampel digunakan teknik purposive random sampling dengan menggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data dan diperoleh sampel sebanyak 107 perusahaan. Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah independent sample t-test.

Hasil dari analisis data diperoleh bahwa sig. SPSS sebesar 0,021yang lebih kecil dari 0,05, sehingga bisa disimpulkan bahwa nilai perusahaan yang menggunakan kebijakan dividen stabil lebih tinggi dari nilai peruahaan yang menggunakan kebijakan dividen residual. Oleh karena itu,jenis kebijakan dividen yang diambil perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sebaiknya investor dalam melakukan pengambilan keputusan, bisa melihat jenis kebijakan dividen yang digunakan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan investasi. Untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya menggunakan proksi lain untuk melihat jenis kebijakan dividen yang digunakan.Adapun keterbatasan pada penelitian ini yaitu proksi untuk jenis kebijakan dividen menggunakan DPS dan minimnya perusahaan yang menggunakan kebijakan dividen stabil sehingga tidak bisa untuk dilakukan random sampling.