SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Struktur aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Pada Perusahaan pertambangan Yang Listing di BEI Periode 2014-2016)

ASRI DWI UTAMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Asri, Dwi. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan  terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing Di BEI Periode 2014-2016). Skripsi, JurusanAkuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan.

Pada prinsipnya setiap perusahaan membutuhkan dana untuk pengembangan bisnisnya. Pemenuhan dana tersebut berasal dari sumber internal ataupun sumber eksternal. Karena itu, para manajer keuangan dengan tetap memperhatikan biaya modal (cost of capital) perlu menentukan struktur modal dalam upaya menetapkan apakah kebutuhan dana perusahaan dipenuhi dengan modal sendiri atau dipenuhi dengan modal asing. Adapun beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal yaitu meliputi profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan. Oleh sebab itulah ketiga faktor tersebut dijadikan variabel dalam penelitian ini. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh- masing-masing variabel independent profitabilitas, struktur aktiva dan ukuiran perusahaan terhadap struktur modal di perusahaan pertambangan yang Listing BEI tahun 2014-2016.

Penelitian ini menggunakan Rancangan penelitian explanatory research Penelitian ini untuk menguji pengaruh antara variabel bebas (X) yaitu : profitabilitas (X₁), struktur aktiva (X₂), dan ukuran perusahaan (X₃) dengan variabel terikat (Y) yaitu struktur modal yang diukur dengan menggunakan Long-term debt to equity ratio (LDER) . Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yang ditemukan sebanyak 19 perusahaan. Data penelitian ini bersumber pada laporan keuangan suatu perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah jenis data sekunder, yaitu data yang sudah disediakan oleh perusahaan tersebut. Adapun metode yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu melakukan dokumentasi dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Sedangkan teknik analisis data yang digubakan adalah analisis regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel Independen yaitu profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh dengan perhitungan yang berbeda. Profitabilitas  berpengaruh negatif signifikan karena mengakibatkan perusahaan lebih banyak menggunakan pendanaan dari dalam perusahaan. Struktur aktiva memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal karena perusahaan mampu menggunakan modal sendiri dalam melakukan usahanya tanpa menggunakan hutang dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan karena Proporsi aktiva yang lebih besar akan mendorong pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman yang berarti perusahaan akan mempunyai hutang yang lebih tinggi.Sama halnya apabila semakin besar ukuran perusahaan kecenderungan untuk menggunakan hutang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan dananya dari pada perusahaan kecil.