SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Operating Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan otomotif dan komponen yang listing di BEI tahun 2014-2016

INDAH ISTRIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Istriana, Indah.2017. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Operating Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan otomotif dan komponen yang listing di BEI periode 2014-2016). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Hj. Yuli Widi Astuti, SE.,Ak.

 

Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Operating Leverage, Nilai Perusahaan, Perusahaan Otomotif.

Pada dasarnya setiap perusahaan membutuhkan sebuah pertumbuhan investasi dalam pengelolaannya. Pertumbuhan ini tentunya akan menarik minat investor yang nantinya akan mempengaruhi harga saham perusahaan.Pada prusahaan otomotif yang berkembang pesat di Indonesia pertumbuhan investasi dapat dikarenakan penjualan selalu mengalami peningkatanyang dapat mencerminkan bahwa kinerja bisnis perusahaan dalam kondisi baik. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat tersebut, setiap perusahaan harus mampu untuk menjaga kinerja keuangannya agar nilai dari perusahaan tersebut selalu mengalami peningkatan sehingga kesejahteraan investornya akan tetap terjaga. Nilai perusahaan merupakan hal yang penting yang harus terus diperhatikan oleh perusahaan. Nilai perusahaan dipengaruhi faktor-faktor diantaranya struktur modal. Profitabilitas dan Operating Leverage dalam perusahaan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Operating Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Listing di BEI Periode tahun 2013-2015.

Penelitian ini menggunakan Rancangan penelitian explanatory research Penelitian ini untuk menguji pengaruh antara variabel bebas (X) yaitu : struktur modal (X₁), profitabilitas (X₂), danoperating leverage(X₃)dengan variabel terikat (Y) yaitu nilaiperusahaan . Pengambilansampelinimenggunakanteknikpurposive sampling yang ditemukansebanyak 10perusahaan.Data penelitianinibersumberpadalaporankeuangansuatuperusahaan.Jenis data yang digunakanadalahjenis data sekunder, yaitu data yang sudahdisediakanolehperusahaantersebut.Adapun metode yang digunakanadalahdokumentasi, yaitumelakukandokumentasidari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) yang diterbitkanoleh Bursa Efek Indonesia. Sedangkanteknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisregresi linier berganda.

 

HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketigavariabelIndependenyaituStruktur Modal, Profitabilitasdan Operating Leverage memilikipengaruhsebesar 85,6% terhadapnilaiperusahaan. Struktur Modal danoperating leverageberpengaruhnegatifsignifikanterhadapvariabelnilaiperusahaanpada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Listing di BEI tahun 2013-2015.Sedangkan Profitabilitasberpengaruh secara positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sesuai dengan konsep signaling theory, profitabilitas akan menjadi sinyal dari manajemen yang menggambarkan prospek perusahaan berdasarkan tingkat profitabilitas yang terbentuk, dan secara langsung akan mempengaruhi nilai perusahaan yang dicerminkan dari tingkat harga saham di pasaran