SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Voluntary Disclosure Laporan Tahunan

tifani atma septiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiyanti, Tifani Atma. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Voluntary Disclosure Laporan Tahunan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

 

kata kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Voluntary Disclosure, Laporan Tahunan

 

Informasi perusahaan merupakan sumber yang digunakan oleh pemegang saham dan stakeholder dalam meramalkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Voluntary disclosure merupakan salah satu informasi yang digunakan selain informasi laba yang merupakan informasi utama yang biasanya digunakan para pemegang saham dan stakeholder. Pengungkapan sukarela juga bertujuan untuk menilai hasil kinerja manajemen yang bertanggung jawab dalam mengelola perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi voluntary disclosure laporan tahunan perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan dan profitabilitas.

Penelitian ini menggunakan teori agensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian ini menggunakan studi kasual yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antar variabel terikat dengan variabel bebas.  Populasi penelitian ini adalah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang di gunakan penelitian ini adalah 36 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5% untuk memperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap Voluntary Disclosure Laporan Tahunan.