SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMA Negeri 1 PIlangkenceng 2016/2017

Ar Rauuf Abi Huzaifah Aswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Aswanto, ArRauufAbiHuzaifah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran MURDERTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswa Mata PelajaranAkuntansiKelas XI SMA Negeri 1 PliangkencengTahunAjaran 2016/2017. Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi,UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (I) BetyNurAchadiyah, S.Pd., M.Sc (II)NujmatulLaily S.Pd.,M.SA

 

Kata    kunci : Model Pembelajaran MURDER, MotivasidanHasilBelajar

MetodePembelajarandikatakanberhasildanefektifapabilaseorang guru dapatmenyampaikanmaterikepadapesertadidikdenganbaikdanbenar. Model pembelajaran yang menarikakanmembuatpesertadidiklebihaktifdalam proses pembelajaran. Namunmasihbanyakdijumpai proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajarankonvensionalyaituberupaceramahsehinggapesertadidikcenderungpasifdalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang menarikdankreatifdapatmenumbuhkanmotivasibelajarpesertadidik. salahsatunyayaitudenganmenggunakan model pembelaaran MURDER. MURDER merupakan model pembelajarankooperatif yang meliputimood, understand, recall, digest, expand,review. Dengandigunakannya model pembelajaran MURDER ini, diharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarpesertadidik SMA Negeri 1 Pilangkenceng.

Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu yang dilaksanakam di kelas XI IPS  SMANegeri 1 Pilangkencengtahunajaran 2016/2017. Subjek yang ditelitiadalahkelas XI IPS 1 sebanyak 36 siswasebagaikelaseksperimendankelas XI IPS 2 sebanyak 36 siswasebagaikelaskontrol. Instrumenpenelitian yang digunakanberupapretest-posttestdankuesioner. Data yang diperolehdiolahdenganmenggunakanuji T (Independent Samples t-Test).

Berdasarkanhasilanalisis data, makadapatdisimpulkan (1) variabelmotivasibelajarterdapatpengaruhmotivasibelajarsiswadenganpenggunaan model pembelajaran MURDER. (2) variablehasilbelajarterdapatpengaruhhasilbelajarsiswadenganpenggunaan model pembelajaran MURDER. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaran MURDER berpengaruhterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswa.

Saran yang perludisampaikanpenelitiadalah (1) Pengukuranmotivasibelajarpesertadidikhendaknyajugamenggunakanwawancara. (2) Penelitianhendaknyadilakukan di SMA maupun SMK untukidapatmengetahuiperbedaanhasilbelajardanmotivasibelajardarisiswa SMA dan SMK. (3) Sebaiknyasubjekpenelitiannya di tambah, yaknimencakupseluruhsiswabidangmatapelajaran yang di teliti. (4) Materi yang digunakanuntukpenelitiansebaiknyaditambahdantidakhanya 1 materisaja.