SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Organizational-Professional Conflict dan Skeptisme Profesional terhadap Professional Judgment dengan Gender dan Locus of Control sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empris pada KAP di Kota Malang)

Putri Indah Nursari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nursari, Putri Indah. 2017. Pengaruh Organizational-Professional Conflict dan Skeptisme Profesional terhadap Professional Judgment dengan Gender dan Locus of Control sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci: Organizational-Professional Conflict, Skeptisme Profesional, Professional Judgment, Gender, dan Locus of Control.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh auditor independen dalam situasi konflik organisasional-profesional (organizational-professional conflict) dan penerapan sikap skeptisme profesional dengan gender dan locus of control sebagai variabel pemoderasi dalam pemberian auditor’s judgment.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor independen di Kota Malang sebanyak 93 auditor. Teknik pengambilan sampelnya adalah convenience sampling dan metode pengumpulan data untuk mengukur variabel-variabel dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis berdasarkan sub-kelompok untuk mengetahui seberapa besar variabel pemoderasi memperkuat pengaruh tersebut dengan bantuan SPSS 16 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) organizational-professional conflict dan skeptisme profesional berpengaruh signifikan terhadap professional judgment dan (2) gender dan locus of control internalberpengaruh pada hubungan organizational-professional conflict dan skeptisme profesional terhadap professional judgment.