SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

implementasi psak no 45 tentang pelaporan keuangan organisasi nirlaba pada rumahsakit berstatus badan layanan umum (studi pada RSUD dr. H. Slamet MArtodirdjo Kabupaten Pamekasan

ahmad hanafi kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawan, Ahmad Hanafi. 2017. Implementasi PSAK No 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba pada Rumah Sakit Berstatus Badan Layanan Umum Studi Pada RSUD dr H. Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Tuhardjo, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci: laporan keuangan badan layanan umum, psak nomor 45, organisasi nirlaba

            Rumah sakit sebagai salah satu bentuk organisasi nirlaba dianggap sebagai lembaga yang digunakan untuk pelayanan kesehatan secara singkat atau lama. Sebagai perwujudan pemenuhan hak kesehatan, pemerintah selaku Badan Layanan Umum (BLU) wajib menyediakan rumah sakit sesuai kebutuhan masyarakat dan memberikan jaminan pembiayaan bagi penduduk kurang mampu. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang mewajibkan akuntansi dan keuangan yang diterbitkan oleh asosiasi profesi akuntansi Indonesia. Berdasarkan karakteristik yang sama dimiliki BLU, maka standar akuntansi yang sesuai adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 45 tentang Pelaporan Keuangan untuk Organisasi Nirlaba.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyajian laporan keuangan Rumah Sakit Umum Daerah dr H Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan mengacu pada: PSAK Nomor 45 dan peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008 di RSUD dr H Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan.

            Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan konsep yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul yaitu pelaporan keuangan RSUD dr H Slamet Martodirdjo dengan PSAK Nomor 45, dan pedoman Akuntansi Penyusunan Keuangan BLU. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran data yang akan timbul.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem akuntansi pada RSUD dr H Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan sebagian kecil telah menerapkan sistem akuntansi seperti yang terdapat dalam PSAK No.45 tentang Organisasi Nirlaba, namun secara umum RSUD dr H Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan sudah menerapkan PSAK Nomor 45 dalam laporan keuangannya dengan baik. (2) RSUD dr H Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan telah  menyajikan laporan  keuangan  sesuai Pedoman  Akuntansi  dan  Pelaporan  Keuangan BLU  menurut  Peraturan Menteri Keuangan No 76/PMK.05/2008.