SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYTERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2013-2015)

Made Yogi Dwi Pradnyana

Abstrak


ABSTRAK

Pradnyana, Made Yogi Dwi. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur berjenis Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1. Hj. Yuli Widi Astuti, SE, M.Si., AK.

Kata Kunci :Corporate Social Responsibilitydan Nilai Perusahaan.

Dunia usaha Indonesia saat ini sedang berkembang semakin pesat dengan ditandai beragamnya jumlah perusahaan-perusahaan yang baru di Indonesia. Tentunya hal ini menyebabkan persaingan antar pelaku usaha yangsemakin ketat, maka berpengaruh besar terhadap iklim usaha di Indonesia. Untuk mengikuti perkembangan bisnis yang semakin ketat dibutuhkan keseimbangan informasi yang sesuai dan memadai, sehingga perusahaan dituntut untuk lebih transparan dalam mengungkapkan informasi perusahaannya. Pada saat banyak perusahaan yang semakin berkembang pesat, maka pada saat itu pula dapat terjadi kesenjangan sosial dan kerusakan lingkungan sekitar. Penanggulangan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi kerusakan lingkunga yang terjadi oleh operasi perusahaan, Pemerintah Indonesia membuat undang-undang yang mengatur kepedulian perusahaan atas operasi bisnis yang dilakukan terhadap para pemangku kepentingan (stakeholder). 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder, yaitu data laporan non keuangan perusahaan manufaktur periode 2013-2015 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu program SPSS 20.0.

              Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan Hasil penelitian ini didukung pertama oleh: PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk yang mengalami pengaruh CSR pada tahun 2014 ke 2015 yang mampu meningkatkan nilai perusahaan.Keterbatasan dari penelitian ini adalah  penelitian ini hanya menggunakan perusahaan manufaktur yang memiliki dampak lingkungan, sosial dan ekonomi dengan kondisi yang berbeda bisa dilihat di luar perusahaan manufaktur, dan penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur dalam negeri yang sadar akan CSR, hasil penelitian akan berbeda jika penelitian lain dilakukan di luar negeri.