SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Inventarisasi Dan Penilaian Aset Biologis Pada Kebun Raya Purwodadi

Siti Nurkhasanah

Abstrak


Abstrak

 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2011 menyatakan bahwa hanya 8.000 jenis flora yang sudah teridentifikasi. Jumlah tersebut diperkirakan baru 20% dari jumlah flora yang ada di Indonesia. Penilaian aset biologis untuk entitas publik di Indonesia masih belum memiliki standar yang pasti dan masih dalam proses penyelesaian.Di Indonesia pro kontra mengenai penilaian asset berupa makhluk hidup masih terjadi. Beberapa pihak menyoroti hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar nilai dari suatu objek dan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Namun sebagian lainnya masih mempermasalahkan nilai yang setara dengan objek hidup tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk inventarisasi dan mekanisme penilaian aset biologis pada Kebun Binatang Purwodadi dan memberikan masukan mengenai penilaian aset biologis dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, lingkungan dan kelangkaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambilobjekpenelitianpadaKebun Raya Purwodadi. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi pada objek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data yang meliputi triangulasi metode dan sumber. Kegiatan anailisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa hasil penelitian antara lain, (1) Asettumbuhan di BKT Kebun Raya Purwodadidiklasifikasikanmenjadidua, yaituasettetaplainnyadanpersediaan, (2) terdapatperbedaandalampenilaianasetsetelahpengakuanuntukasettetaplainnyadanpersediaan, (3) BKT Kebun Raya Purwodadimelaporkanasetnyadalamneraca, LAKIP, danlaporanstock opnamebibit, (4) Terdapat perbedaan persepsi antara orang keuangan dan orang scientific dalam menyikapi penilaian aset yang dilakukan oleh BKT Kebun Raya Purwodadi.