SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sistem Pengelolaan Keuangan terhadap Efektivitas Anggaran pada Badan Layanan Umum (BLU) Poltekkes Kemenkes Malang

Joko Saputro

Abstrak


Abstrak

 

Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat, pemerintah membentuk suatu unit-unit usaha tertentu yang bertujuan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan bangsa dan kemakmuran masyarakat. Oleh sebab itu pemerintah membentuk unit pelayanan yang sekaligus berfungsi sebagai unit usaha yang tidak berbadan hukum yaitu Badan Layanan Umum (BLU). Pengelolaan BLU perlu dilakukan secara profesional sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governace). Sistem pengelolaan keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel dalam sebuah organisasi menjadi hal yang sangat penting karena akan memberikan dampak terhadap perkembangan organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, dan Pertanggungjawaban secara parsial terhadap pencapaian Efektivitas Anggaran Poltekkes Kemenkes Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui daftar pertanyaan yang di uji melalui dua tahap yaitu uji validitas dan uji reliabilitas untuk setiap item pertanyaan yang terdapat dalam daftar pertanyaan. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan uji-t dan uji Koefisien Determinasi (R2) yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji Multikolinearitas, dan uji Heterokedatisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel X yang diteliti masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Y. Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) diketahui bahwa variabel efektivitas anggaran (Y) dipengaruhi keempat variabel X sebesar 84,6% sedangkan sisanya 15,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kepada pihak-pihak yang terkait sekiranya terus memberikan dukungan dan melakukan peningkatan kinerja dalam proses pengelolaan keuangan terutama pada proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti variabel-variabel lain yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi efektifitas anggaran pada Poltekkes Kemenkes Malang maupun instansi lainnya atau melakukan penelitian dengan metode fenomenologi sehingga bisa melakukan penelitian yang lebih dalam.