SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Laporan Keuangan Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

Vema Untsa Aziza

Abstrak


Abstrak

 

Perubahan kurikulum yang cepat di era globalisasi ini diikuti perubahan dalam dunia pendidikan, terutama dengan hadirnya kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah. Aktivitas pembelajaran harus di rancang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Merancang aktivitas pembelajaran ini disebut dengan desain pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis scientific approach pada materi laporan keuangan mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk kelas XII akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan  model 4-D yang diadaptasikan menjadi model 4-P. Tahapan yang digunakan meliputi (1) tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pengembangan (dessiminate). Instrument pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari kritikan, saran dan komentar. Validasi dilakukan oleh ahli RPP, ahli bahan ajar dan media ajar, ahli evaluasi pembelajaran dan uji coba pengguna terbatas kepada 1 guru dan 36 siswa XII AK 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Hasil validasi RPP menunjukkan presentase  97,14%, hasil validasi bahan ajar menunjukkan presentase 82,70%, media ajar menunjukkan presentase 96,47%, dan hasil validasi evaluasi pembelajaran menunjukkan presentase 97,5%. Selain validasi juga didapatkan hasil ujicoba terbatas oleh guru akuntansi dengan presentase 97,64% dan hasil ujicoba terbatas oleh peserta didik menunjukkan presentase  94,50%. Berdasarkan hasil tersebut desain pembelajaran berbasis Scientific Approach pada materi laporan keuangan mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk  kelas XII SMK program keahlian akuntansi ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.