SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Kamus Akuntansi Elektronik Berbasis MIT App Inventor

Muhammad Afifudin

Abstrak


Abstrak

 

          Abad 21 merupakan era perkembangan tekologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut telah merambah dunia pendidikan. Salah satunya yaitu adanya inovasi kamus akuntansi berbasis android yang merupakan tansformasi dari kamus berbasis buku (konvensional). Penggunaan aplikasi kamus berbasis android sebagai upaya peningkatan kognitif siswa terhadap istilah-istilah akuntansi. Selain itu, adanya penawaran kemudahan dalam penggunaannya menjadi nilai tambah dibandingkan kamus konvensional.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahap dalam model pengembangannya yaitu: 1) Analsis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi, namun peneliti hanya melaksanakan hingga tahap 4 tanpa tahap Evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba pengguna terbatas kepada 23 siswa MA Nurul Ulum Malang

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran kamus akuntansi elektronik sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh skor 59 dengan prosentase 92,19%, sehingga mendapat predikat “Sangat Valid”, 2) Ahli media diperoleh skor 59 dengan prosentase 98,33%, sehingga mendapat predikat “Sangat Valid”, 3) Pelaksanaan kegiatan uji coba pengguna terbatas kepada 23 siswa mendapat total skor rata-rata 77,83 dengan prosentase 84,6%, sehingga mendapat predikat “Sangat Valid”.

Data hasil uji coba untuk mengukur tingkat kognitif siswa terhadap istilah akuntansi menyatakan bahwa 76% siswa dinyatakan lulus, sedangkan 16% belum lulus karena berada dibawah kompetensi ketuntasan minimal. Hasil eksperimen juga menunjukkan peningkatan presentase siswa yang lulus, yaitu dari 47% saat observasi  awal menjadi 76%, sehingga dapat dikatakan bahwa media ini mampu memberi manfaat yang positif bagi perkembangan kognitif siswa. Hasil angket mengenai motivasi, rasa ingin tau, kemudahan, dan rasa tertarik siswa, 17 siswa yang dinyatakan lulus memiliki nilai rata-rata 3,54 dan 6 siswa yang dinyatakan tidak lulus memiliki nilai rata-rata angket 3,25. Dengan demikian, motivasi belajar siswa juga memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa