SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DEVIDEN, DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2015

syaiful khondak

Abstrak


ABSTRAK

 

Khondak.Syaiful. 2017.Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, dan Total Asset Turnover Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., AK.

 

Kata kunci: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, Total Asset Turnover, dan Nilai Perusahaan.

 

Nilai perusahaan adalah harga jual yang seandainya perusahaan tersebut dijual.Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor internal. Faktor-faktor tersebut diantaranya  keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan deviden, dan total asset turnover. Selain faktor internal, terdapat faktor ekternal yang mempengaruhi nilai perusahaan, yaitu inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan deviden, dan total asset turnover terhadap nilai perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Grand Theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah signaling theory.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2015 yang berjumlah 150 perusahaan.Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data adalah dokumentasi yang bersumber dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari www.idx.co.id.Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan investasi, kebijakan deviden dan total asset turnover berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. sedangkan keputusan pendanaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah Keputusan pendanaan yang diukur mengunakan debt to equity ratio tidak cocok digunakan pada perusahaan-perusahaan industri yang itensif modal, karena perusahaan tersebut membutuhkan invetasi yang besar pada aktiva tetap. Selain itu, dalam penelitian ini keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan deviden, dan total aset turnover menjelaskan nilai perusahaan sebesar 67,3%, sisanya dipengaruhi faktor lain, oleh sebab itu peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain yang mempengaruhi nilai perusahaan.