SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh kajian praktik lapangan dan interaksi teman sebaya terhadap minat menjadi guru

Bimantara Arifin

Abstrak


ABSTRAK

Arifin. Bimantara. 2017. Pengaruh Kajian Praktik Lapangan dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Cipto Wardoyo, SE, M.Pd, M.Si, Ak, CA

Kata kunci: Kajian Praktik Lapangan, Interaksi Teman Sebaya, dan Minat Menjadi Guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi universitas negeri malang angkatan 2013; (2) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi universitas negeri malang angkatan 2013.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 pendidikan akuntansi universitas negeri malang angkatan 2013 sebanyak 153 mahasiswa dan samplenya sebanyak 105 mahasiswa dengan teknik pengambilan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kajian Praktik Lapangan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa (sig sebesar 0,001, thitung= 5,469 lebih besar dari ttabel= 1,659); (2) Interaksi Teman Sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa (sig sebesar 0,001, thitung= 2,782 lebih besar dari ttabel= 1,659).

Saran yang disampaikan penulis adalah; (1) Mahasiswa diharapkan dapat termotivasi dan meingkatkan minat mereka untuk menjadi seorang guru. (2) Teman Sebaya juga diharapkan dapat mendukung dan memberikan saran yang baik bagi teman di sekitarnya. (3) Universitas hendaknya menyelenggaran evaluasi secara berkala untuk menjadikan kegiatan Kajian Praktik Lapangan lebih baik dari sebelumnya.