SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pelaksanaan Computer Based Test Mata Pelajaran Akuntansi di SMK PGRI Turen

Mochammad Tohari

Abstrak


ABSTRAK

Tohari, Mochammad. 2017. Analisis Pelaksanaan Computer Based Test di SMK PGRI Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA.

Kata kunci: computer based test, technology acceptance model

CBT melibatkan guru dan peserta didik, peran guru sebagai pendidik juga berpengaruh dalam pelaksanaan CBT. Kemampuan tentang teknologi seorang pendidik pastinya sangat berpengaruh dalam pelaksanaan CBT. Selain itu peserta didik juga memiliki persepsi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa tentang computer based test (CBT), pelaksanaan computer based test (CBT), dan kendala dari pelaksanaan computer based test (CBT) di SMK PGRI Turen.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa akuntansi di SMK PGRI Turen. Teknik dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan simpulan, verifikasi, dan saran. Pemeriksa keabsahan temuan peneliti menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu pendahuluan, pelaksanaan, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian

Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru dan siswa terhadap pelaksanaan CBT yaitu sangat membantu dan memudahkan guru dan siswa. Pelaksanaan CBT di SMK PGRI Turen tidak sepenuhnya dilakukan oleh guru, namun terdapat proktor dan teknisi yang bertugas untuk mengatur jalannya computer based test. Guru hanya bertugas sebagai pembuat soal dan pengawas. Hambatan-hambatan yang dialami saat pelaksanaan CBT adalah komputer hang dan jaringan yang terputus-putus. Selain itu soal yang teracak secara tidak beraturan membingungkan siswa. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menyediakan komputer cadangan serta memperbesar bendwichagar koneksi stabil.