SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Equity Dan Earnings per Share Terhadap Beta Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014

hasan ashari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pasar modal merupakan salah satu alternatif bagi investor untuk menginvestasikan dana atau modalnya, sehingga diperlukan suatu analisa yang tepat khususnya dalam investasi saham.Kebutuhan akan informasi yang relevan dalam pengambilan keputusanoleh investor juga semakin meningkat.Faktor fundamental atau rasio keuangan merupakan beberapa pengukuran yang menunjukkan kinerja atau kesuksesan manajemen suatu perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Debt to equity ratio, Return on equity, dan Earnings per share terhadap beta saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2014 yang berjumlah 132 perusahaan. Dan dari populasi pada penelitian ini diperoleh sebanyak 96 perusahaan manufaktur yang menjadi sampel melalui teknik purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder, sedangkan alat analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, penelitian ini menemukan bukti bahwa(1) Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap beta saham.(2) Return on Equity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap beta saham.(3) Earnings per Share berpengaruh negatif signifikan terhadap beta saham. Dari perhitungan diatas, investor yang hendak berinvestasi di pasar modal hendaknya memperhatikan pergerakan variabel Debt to Equity Ratio, dan Earnings per Share karena terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap pergerakan beta saham. Meskipun demikian, mengingat nilai koefisien adjusted R square yang rendah, maka investor juga perlu mengamati variabel-variabel lain yang mungkin berpengaruh terhadap beta saham.