SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ImplementasiCorporate Social Responsibility (CSR) PadaPT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Martadinata Malang

gharinaswari prayana cantikawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah bentuk pertanggung jawaban sosial perseroan terhadap lingkungan dan keadaan masyarakat di sekitar tempat usaha perseroan itu berada. Ketentuan ini tidak bersifat menyeluruh, tetapi memiliki batasan dan keadaan-keadaan tertentu yang peraturan pelaksanaanya akan diatur lebih lanjut dalam Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT). Tujuan penelitian ini untuk memahami implementasi atas corporate social responsibility pada PT. BRI Martadinata Malang.

nelitian ini dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Martadinata Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi.Untuk membahas mengenai implementasi corporate social responsibility (CSR) ini menggunakan dasar teori legitimasi dan teori stakeholder.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan peusahaan melaksanakan CSR untuk memberikan citra positif terhadap keberlangsungan hidup perusahaan. Program CSR dijalankan sudah sesuai peraturan yang diatur oleh pemerintah, tetapi dalam pelaksanaannya cenderung pasif karena perusahaan kurang tanggap dengan masalah sosial disekitar. Motivasi perusahaan melaksanakan CSR tidak lebih pada pencitraan perusahaan dan sebagian masyarakat merespon secara positif namun disisi lain perusahaan mewajibkan branding logo disetiap bentuk CSR dalam arti “kepentingan iklan” agar memberikan pandangan positif kepada masyarakat bahwa tingkat kepedulian sangat baik.

Saran untuk penelitian ini adalahPT. BRIMartadinata Malang hendaknya dapat merencanakan dan melaksanakan program CSR secara berkala agar bermanfaat bagi masyarakat luas tidak hanya sebagai formalitas dan kepentingan perusahaan namun benar-benar menyelesaikan konflik sosial di masyarakat.